Browse By

Pemerhati herpetofauna di Indonesia

Peneliti amfibi dan reptil di Indonesia biasanya terdiri dari tiga kelompok. Kelompok pertama adalah kumpulan orang yang bekerja dalam institusi tertentu (misalnya LIPI dan Universitas); kedua: kelompok minat khusus: bisa berupa mahasiswa yang seringkali mendapat bimbingan dari peneliti institusi dan kelompok minat khusus, serta kelompok ketiga adalah perorangan. Berikut disajikan beberapa kelompok yang mendalami amfibi dan reptil di Indonesia baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Daftar yang ada di sini belumlah lengkap dan akan terus diperbarui seiring dengan penambahan informasi yang masuk ke PHI.

Lembaga :

MBZ logoMuseum Zoologi Bogoriense bisa dikatakan sebagai salah satu lembaga tertua di Indonesia yang bekerja di bidang taksonomi . Saat ini tercatat 7 orang yang aktif sebagai peneliti herpetofauna di LIPI yaitu: 1) Irvan Siddik; 2) Mumpuni; 3) Hellen Kurniati; 4) Awal Riyanto; 5) Dadang R. Subasli; 6) Evy Arida dan 7) Amir Hamidy. Boeadi merupakan salah satu pensiunan LIPI yang juga aktif melakukan penelitian amfibi dan reptil. Helen Kurniati membuat situs web database suara katak Indonesia [http://biologi.lipi.go.id/bio_bidang/zoo_english/download_suara_kodok.php] yang sangat bermanfaat bagi peneliti. Koleksi MZB di bidang amfibi dan reptil kerap menjadi rujukan bagi mahasiswa maupun peneliti herpetofauna di seluruh dunia [http://biologi.lipi.go.id/bio_bidang/zoo_english/lab_herpet.php].

Logo IPBPenelitian mengenai amfibi dan reptil di IPB menyebar di berbagai Departemen dan Fakultas seperti di Departemen Biologi FMIPA [http://biologi.ipb.ac.id/], Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan FPIK [http://msp.fpik.ipb.ac.id/index.php/en/] dan Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan & Ekowisata, Fahutan [http://kshe.fahutan.ipb.ac.id/id/]. Mirza D. Kusrini, adalah salah satu pengajar di KSHE yang aktif meneliti amfibi dan reptil. Mirza D. Kusrini juga merupakan salah satu pembina himpunan mahasiswa HIMAKOVA yang di dalamnya terdapat Kelompok Pemerhati Herpetofauna, KPH “Phyton” [http://himakovaipb.blogspot.com/search/label/Kelompok%20Pemerhati]. Daftar penelitian mahasiswa di bawah bimbingan MDK bisa dilihat pada link berikut {http://mirza_kusrini.staff.ipb.ac.id/]. Beberapa tulisan MDK bisa didownload pada tautan ini [https://ipb.academia.edu/MirzaKusrini]

Penelitian mengenai amfibi dan reptil di UGM didominasi oleh Fakultas Biologi [http://biologi.ugm.ac.id/], walaupun juga dilakukan di Fakultas Kehutanan Program Studi Konservasi Sumberdaya Hutan [http://ksdh.ugm.ac.id/]. Staf pengajar yang aktif di bidang ini antara lain Rury Eprilurahman [http://biologi.ugm.ac.id/index.php/staff-akademik/139] dan Donan Satria [link]. Kelompok mahasiswa yang aktif di UGM adalah Kelompok Studi Herpetofauna di bawah Fakultas Biologi.